Tiga Masjid dan Tiga Madrasah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

.

Jamaah masjid, siswa sekolah dan madrasah di pelosok Garut ini kesulitan air bersih untuk ibadah dan kebutuhan pokok. Mereka butuh sumur untuk kebutuhan bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, mencuci, dan sebagainya. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!

.

GARUT, Infaq Dakwah Center (IDC) – Kampung Talegong terletak di perbukitan pelosok Garut, berjarak 111 km dari kota Garut Jawa Barat.

Karena jauh dari mata air, untuk kebutuhan sehari-hari, warga mengandalkan air hujan dan air sungai kecil yang keruh. Di musim hujan warga menampung air hujan di bak penampungan, sedangkan di musim kemarau air sama sekali kering.

Kondisi kekurangan air ini sangat menyulitkan warga desa, jamaah tiga masjid dan para siswa di tiga sekolah. Karena di Kampung Talegong ini terdapat 6 masjid dan sekolah yaitu: Masjid At-Thayyibah, Masjid Al-Jannah, Masjid Al-Muttaqin, MTS Al-Hikmah, MA Al-Hikmah, TK PGRI..

Menurut Fadilah SPdi, Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Al-Hikmah, para siswa dari TK hingga SMA sangat kesulitan air wudhu bila hendak menunaikan shalat.

“Di sini sangat rawan kesulitan air apalagi musim kemarau satu dua bulan saja sangat sulit mendapatkan air. Bahkan ketika siswa mengambil air wudhu saja susah karena di sini jauh dari sumber mata air,” ujarnya kepada Relawan IDC yang melakukan survey lokasi.

DARURAT AIR, BUTUH SUMUR BOR

Untuk mengatasi krisis air, solusi yang terbaik adalah pembuatan sumur bor. Karenanya, para warga baik warga kampung, jamaah masjid maupun siswa sekolah sangat mendambakan sumur bor untuk mensuplai kebutuhan air bersih.

“Di sini yang cocok adalah sumur bor. Pemanfaatannya sangat dibutuhkan oleh para siswa mulai dari TK, MTS, MA dan ada tiga masjid di sekitar sini kurang lebih perharinya penggunanya lebih dari 500 jiwa,” tambahnya.

...Rasulullah SAW menegaskan bahwa sedekah yang paling mengagumkan adalah sedekah air...

Abah Jajang, tokoh masyarakat menambahkan, bahwa warga sangat membutuhkan sumur bor, namun karena kondisi ekonomi yang terbatas membuat warga belum bisa membangun sumur hingga saat ini.

“Sangat memerlukan air bersih di kampung iye kumargi dina musim kemarau mah seeur pisan warga nu kakirangan cai da di musim hujan kos kie oge cai sok kapeugat ku longsor aya cai oge kiruh dina tempat the. Disuhunkeun aya bantosannana kanggo sumur bor di die kampung Talegong,” ujar Ketua RT 02 Rw 01 tersebut.

(Kami sangat memerlukan air bersih karena di musim kemarau warga yang kekurangan air. Sedangkan di musim hujan juga air sungai suka ke tutup longsor, di sini ada air pun keruh. Kami berharap ada bantuan pengadaan sumur bor di kampung Talegong ini.)

...Dibutuhkan dana sebesar 45 juta rupiah untuk pengeboran sumur dan instalasi pipa....

WAKAF SUMUR PAHALA TERUS MENGALIR TAK TERBATAS UMUR

Mereka sangat berharap ada bantuan sumur bor di lingkungannya agar kebutuhan primer setiap hari dapat tercukupi dan kebutuhan ibadah dapat terpenuhi dengan sempurna. Dibutuhkan dana sebesar 45 juta rupiah untuk pengeboran sumur dan instalasi pipa.

Mari sisihkan harta dalam program Wakaf Sumur untuk memenuhi kebutuhan air warga, jamaah masjid dan siswa sekolah Islam. Kita raih pahala wakaf kita akan mengalir setiap hari, seiring dengan banyaknya manfaat yang dinikmati umat untuk bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, mencuci, dan sebagainya.

Mari sisihkan harta dalam program wakaf mata air, untuk memenuhi kebutuhan air para santri, jamaah masjid dan warga desa. Insya Allah pahala wakaf kita akan mengalir setiap hari, seiring dengan banyaknya manfaat yang dinikmati santri dan warga untuk bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, mencuci, dan sebagainya.

Mari berwakaf sumur, semoga harta makin kekal abadi, berkah melimpah dan jadi pahala jariyah yang terus mengalir tak terbatas umur. Insya Allah pahala wakaf kita akan mengalir setiap waktu, seiring dengan banyaknya manfaat yang dinikmati umat untuk bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, mencuci, dan sebagainya.

...Mari wakaf air, semoga harta makin berkah melimpah dan jadi pahala jariyah yang terus mengalir tak terbatas umur...

Rasulullah SAW menyampaikan kabar gembira tentang keutamaan shadaqah jariyah sebagai infaq yang pahalanya terus mengalir meskipun orang yang bersedekah telah meninggal dunia:

إذَا مَاتَ الإنسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ اَو عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ, اَووَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُولَهُ

“Jika manusia meninggal dunia maka putuslah amalnya kecuali tiga hal; shadaqah jariyah, ilmu yang diambil manfaat dan anak shalih yang mendoakannya” (HR Muslim).

 

Wakaf Sumur/Air adalah Sedekah yang Paling Mengagumkan

Rasulullah SAW menekankan bahwa sedekah air adalah sedekah yang paling mengagumkan:

أَنَّ سَعْدًا أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَيُّ الصَّدَقَةِ أَعْجَبُ إِلَيْكَ قَالَ الْمَاءُ

Suatu hari Sa’ad RA mendatangi Nabi SAW dan bertanya, “Sedekah apa yang paling mengagumkan kepadamu?” Nabi SAW menjawab, “Sedekah air" (HR Abu Daud).

Wakaf Sumur, Hadiah Terindah untuk Almarhum Ayah & Bunda

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Sa’ad bertanya kepada Nabi SAW tentang wakaf sumur untuk almarhum ibundanya yang sudah wafat:

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ أُمَّ سَعْدٍ مَاتَتْ فَأَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ قَالَ الْمَاءُ قَالَ فَحَفَرَ بِئْرًا وَقَالَ هَذِهِ لِأُمِّ سَعْدٍ

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya Ibu Sa’ad telah meninggal, maka sedekah apa yang paling utama? Rasulullah menjawab, “Sedekah air.” Kemudian Sa’ad menggali sumur dan dia berkata, “Ini sedekah milik ibu Sa’ad” (HR Abu Daud).

Mengalirkan air bukan hanya bermanfaat untuk manusia namun semua makhluk hidup baik hewan maupun tanaman bahkan bangsa jin juga mendapatkan manfaatnya dan menjadikan pahala untuk kita di akhirat kelak.

مَنْ حَفَر ماءً لم تشرب منه كبد حرَّى من جنٍّ ولا إنسٍ ولا سَبُعٍ ولا طائرٍ إلا آجره الله يومَ القيامة

"Barangsiapa menggali air, maka tiada meminum darinya mahluk hidup dari bangsa jin, manusia, dan burung kecuali Allah akan memberinya pahala di hari kiamat" (HR Bukhari).

Mari sisihkan harta untuk wakaf sumur, Alirkan pahala abadi tak terbatas umur.

Rekening Wakaf Sumur:

  1. Bank Syariah Indonesia (BSI), No.Rek: 7050.888.422.
  2. Bank Muamalat, No.Rek: 34.7000.3005.
  3. Bank DKI Syariah, No.Rek: 7052.4715.862.
  4. Bank BJB Syariah, No.Rek: 006010.2072.450.
  5. Bank BTN Syari’ah, No.Rek:  712.307.1539.
  6. Bank Bukopin Syariah, No.Rek:  880.218.4108.
  7. Bank Mega Syariah, No.Rek:  1000.154.176.
  8. Bank BCA, No.Rek: 1641.999.666.
  9. Bank Mandiri, No.Rek: 156.000.728.7289.
  10. Bank BNI, No.Rek: 5353.5757.10.
  11. Bank BRI, No.Rek: 0139.0100.1736.302.
  12. Bank CIMB Niaga, No.Rek: 80011.6699.300.

       *) Semua rekening atas nama: Yayasan Infaq Dakwah Center.

CATATAN:

  • Demi kedisiplinan amanah dan untuk memudahkan penyaluran agar tidak bercampur dengan program lainnya, tambahkan nominal Rp 4.000 (empat ribu rupiah). Misalnya: Rp 1.004.000,- Rp 504.000,- Rp 104.000,- 54.000,- dan seterusnya.
  • Laporan penyaluran dana akan disampaikan secara online di: www.infaqdakwahcenter.com.
  • Bila biaya sudah tercukupi/selesai, maka donasi dialihkan untuk program IDC lainnya.
  • DETAIL: http://www.infaqdakwahcenter.com/read/waqaf/1200/wakaf-sumur/
  • VIDEO: https://youtu.be/BrvSbvGM7nA.
  • INFO: 08122.700020 – 087720.700020 – 08567.700020