PRODUK IDC

1. GERAKAN S-3

Fasilitas bagi kaum muslimin yang ingin berdakwah, membina anak yatim, membantu kaum tertimpa musibah, peduli sesama muslim, membantu sarana ibadah dan mengentas kemiskinan umat tapi tidak memiliki kemampuan, keahlian dan waktu luang. Siapapun bisa berdakwah, beramal dan berjuang menegakkan Syariat Islam untuk mewujudkan kesejahtaraan umat, tanpa turun ke lapangan dan tanpa resiko.

Semua bisa dilakukan hanya dengan infaq mendukung Program Kerja IDC yang akan disajikan dalam berbagai Produk IDC: Dakwah Terpadu, Infaq Cerdas (Beasiswa Yatim & Dhuafa), Infaq Darurat, Infaq Jariyah, Infaq Produktif, Solidaritas Keluarga Syuhada & Mujahidin, dan Rumah Singgah Dakwah.

Para muhsinin (donatur) bebas berinfak untuk IDC sesuai kemampuan, dengan memilih lima macam besaran infaq sebagai berikut:

  1. Sehari Seribu Saja
  2. Seminggu Sepuluh ribu Saja
  3. Sebulan Seratus ribu Saja
  4. Setahun Sejuta Saja
  5. Setiap Saat Sesuai kondisi.

Donasi bisa diserahkan langsung ke kantor IDC, ditransfer melalui rekening IDC atau dijemput oleh petugas.

2. INFAQ DAKWAH TERPADU

Optimalisasi infaq umat untuk mendorong kemajuan dakwah yang simultan kepada segala lapisan masyarakat, untuk memurnikan akidah, penegakan syariat Islam dan ghazwul fikri memerangi opini media kafir-sekuler yang meracuni pikiran umat:

  1. Dakwah Media (Jihad Media), yaitu dakwah membangun peradaban islami melalui media baik cetak maupun elektronik. Produk jihad media berupa dakwah online di internet, penerbitan buku, majalah, brosur (leaflet) dan alat propaganda dakwah lainnya.
  2. Pengiriman Dai Khusus ke daerah terasing, terpelosok, pedalaman dan rawan pemurtadan.
  3. Program Dai Mandiri di daerah pedalaman dan suku terasing melalui tunjangan hidup, bantuan permodalan usaha, dan pelatihan kewirausahaan (entrepreneur), agar para dai semakin optimal dalam dakwah.
  4. Dakwah dan kajian khusus untuk penanggulangan pemurtadan dan kristenisasi.
  5. Dakwah dan pembinaan masyarakat bawah di kawasan dhuafa.
  6. Pembinaan Muallaf secara terpadu.
  7. Bantuan sarana dan prasarana dakwah untuk optimalisasi syiar Islam.
  8. Pemberdayaan dai dan aktivis Islam dengan entrepreneurship (kewirausahaan), antara lain: pelatihan jurnalistik, IT, thibbun nabawi (pengobatan metode Nabi SAW), dan lain sebagainya.

3. INFAQ & ZAKAT CERDAS UNTUK BEASISWA YATIM DAN DHUAFA

Beasiswa yang diperuntukkan bagi anak yatim, dhuafa berprestasi dan anak para aktivis dakwah yang tidak mampu, untuk meraih cita-cita menjadi ulama, dai, mubaligh, intelektual dan ilmuwan yang mendedikasikan ilmu dan keahliannya untuk dakwah.

Target program beasiswa ini adalah memutus mata rantai kemiskinan dan mendorong umat menjadi kaum yang bertauhid, ikhlas berdakwah, berakhlak mulia, cerdas berpikir dan gemar berinfak.

Para penerima beasiswa diseleksi secara ketat dan dikontrol secara berkala agar prestasi studinya terus meningkat sesuai harapan para muhsinin (donatur).

Sasaran program ini antara lain: anak yatim, fakir miskin (dhuafa), anak para aktivis dakwah dan pejuang Islam yang tidak mampu, serta anak berprestasi dan bertalenta (berbakat).

Para donatur (muhsinin) bisa berpartisipasi dalam program Beasiswa Yatim dan Dhuafa ini dengan empat pilihan:

  1. Orang tua asuh Yatim, dengan menanggung biaya pendidikan minimal satu orang anak yatim di Pesantren atau Sekolah Islam. Biodata anak yatim bisa diminta kepada IDC.
  2. Beasiswa rutin kepada anak yatim Daftar dan dhuafa yang besarnya disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi para muhsinin.
  3. Bantuan temporer (tidak rutin) kepada anak yatim dan dhuafa, sesuai dengan kemampuan dan kondisi para muhsinin.

4. INFAQ DARURAT

Donasi solidaritas kemanusiaan yang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan darurat umat Islam yang membutuhkan solusi cepat, antara lain:

  1. Bantuan pengobatan bagi para aktivis Islam, anak yatim dan dhuafa yang sedang mengidap penyakit kronis, kelainan fisik dan sebagaimana dalam bentuk subsidi biaya pengobatan, jaminan pengobatan penuh dan mediasi pengobatan.
  2. Bantuan sosial bagi keluarga mujahid Islam yang sedang tertimpa musibah, mengalami ujian dipenjara rezim, dan sebagainya.
  3. Tanggap Darurat (Emergency Rescue). Aksi cepat untuk evakuasi, rehabilitasi dan rekonstruksi korban bencana alam (gempa bumi, tsunami, banjir, longsor, dll).
  4. Tanggap Bencana Kemanusiaan (Humanitarian Rescue). Penanganan korban bencana peperangan, konflik sosial, kelaparan, gizi buruk dan wabah penyakit. Penanganan masing-masing bencana tentunya berbeda, namun secara umum penanganannya bersifat tanggap darurat yang meliputi bantuan bahan makanan pokok, makanan padat gizi dan vitamin, obat-obatan dan sarana-prasarana kesehatan.

5. INFAQ JARIYAH & WAQAF

Program untuk menunjang amal ibadah yang paling mulia bagi kaum muslim, karena pahalanya bukan hanya dipetik ketika pewakaf masih hidup, tetapi pahalanya juga tetap mengalir terus, meskipun pewakaf telah meninggal dunia. Semakin banyak orang yang memanfaatkannya, semakin bertambah pula pahalanya. Cara cerdas agar amal kita terus bertambah meski kita sudah berkalang tanah.

Sasaran program ini adalah untuk mendukung dakwah berupa wakaf sumur, masjid, mushalla, mushaf Al-Qur'an, buku, dll yang didistribusikan ke daerah binaan dakwah, daerah rawan pemurtadan dan daerah korban bencana, baik bencana alam maupun konflik.

6. INFAQ PRODUKTIF

Program pemberdayaan umat yang bertujuan untuk “merubah mustahiq menjadi munfiq,” yaitu maksimalisasi infaq untuk meningkatkan kesejahteraan umat Islam dalam bentuk dana bergulir untuk permodalan usaha bagi kalangan dhuafa yang belum memiliki pekerjaan, atau pengembangan usaha bagi kalangan yang usahanya minim.

Infaq produktif ini akan menjadi modal bergulir yang disalurkan dalam bentuk pinjaman lunak tanpa bunga (qordhul hasan) untuk perberdayaan ekonomi di bidang usaha kecil dan menengah (UKM).

Dengan program ini, infaq para donatur akan sangat produktif dan multiguna untuk memberdayakan umat agar berkemandirian dalam bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan dakwah.

Program ini dijalankan dengan selektif dengan sasaran utama kaum ekonomi lemah dari kalangan aktivis Islam, anak yatim dan bunda yatim (para janda) yang amanah dan memiliki semangat wirausaha.

7. SOLIDARITAS KELUARGA MUJAHIDIN

Program bantuan kepada keluarga mujahidin. Program ini didedikasikan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan ta’zhim kepada syuhada dan mujahid yang telah mengorbankan harta, jiwa dan raganya untuk meninggikan kalimat Allah (li i’lai kalimatillah). Demi tegaknya Syariat Islam mereka berjuang secara totalitas, meski konsekuensinya harus kehilangan nyawa fisabilillah.

Melalui program ini, diharapkan dapat mempertebal solidaritas, kemanusiaan dan kecintaan terhadap syariat Jihad  Fisabilillah yang sangat diagungkan Islam. Karena Al-Qur’an menempatkan jihad pada urutan yang paling utama di antara ibadah-ibadah yang lain. Jihad adalah puncaknya Islam (dzirwatu sanamil Islam), ibadah yang agung, jalan yang mulia dan terpuji dalam membangun kehidupan berlandaskan Islam. Dengan jihad, Islam dan umatnya akan memiliki izzah, merintis khilafah islamiyah, meraih kemenangan dan menumpas kezaliman. Tak heran jika kedudukan orang mukmin yang jihad memiliki kasta yang lebih tinggi dibandingkan orang mukmin yang tidak berjihad (Qs An-Nisa’ 95-96, At-Taubah 19-22).

Penyaluran dana kepada keluarga syuhada & mujahidin disampaikan sesuai kebutuhan dalam bentuk:

  • Bantuan mukafaah (living cost) setiap bulan.
  • Bantuan pendidikan (beasiswa) dan pendidikan keterampilan.
  • Bantuan kesehatan dan keperluan darurat yang disalurkan secara temporer.
  • Bantuan permodalan usaha bagi yang memiliki keterampilan (skill).

8. CINTA YATIM SYUHADA

Program spesial ini didedikasikan untuk membantu anak-anak yatim yang orang tuanya gugur saat berjihad fisabilillah. Karena masa depan dan pendidikan anak-anak yatim yang orang tuanya gugur fisabilillah itu adalah tanggungjawab kaum muslimin.

Dengan menyantuni anak-anak yatim syuhada, para dermawan akan meraih fadilah (keutamaan) yang sangat besar, yaitu berpahala jihad karena mengurusi keluarga mujahidin, sekaligus mendapat jaminan masuk surga bersama Rasulullah SAW sedekat dua.

“Barangsiapa yang mempersiapkan perbekalan orang yang berjihad fisabilillah maka sungguh ia telah berjihad dan barangsiapa yang menanggung keluarga orang yang berjihad fisabilillah dengan baik (cukup), maka sungguh ia telah berjihad” (HR Bukhari).

Rasulullah SAW bersabda: “Aku dan pemelihara anak yatim kelak di surga kedudukannya seperti dua jari ini” (HR Bukhari). Rasulullah SAW bersabda demikian sambil menunjukkan jari telunjuk dan jari tengahnya dengan merapatkan keduanya.

Adalah sangat berdosa bagi kaum muslimin yang mampu, apabila berdiam diri atas kesulitan anak-anak Yatim. Sebesar apapun simpati dan donasi kepada anak yatim, akan dapat memberikan semangat hidup bagi mereka, bahwa kita saudara-saudaranya masih mempunyai kepedulian terhadap mereka.

Penyaluran dana kepada keluarga syuhada disampaikan sesuai kebutuhan dalam bentuk:

  1. Bantuan mukafaah (living cost) setiap bulan.
  2. Bantuan pendidikan (beasiswa) sampai tamat.
  3. Bantuan pelatihan/kursus keterampilan sesuai minat dan bakat.
  4. Bantuan kesehatan dan keperluan darurat.
  5. Bantuan permodalan usaha bagi yang memiliki keterampilan (skill).

9. SOLIDARITAS KEMANUSIAAN UNTUK MUSLIM INTERNASIONAL

10. JIHAD MEDIA

Infaq untuk jihad/dakwah di media baik cetak maupun elektronik untuk memurnikan akidah, penegakan syariat Islam dan ghazwul fikri memerangi opini media kafir-sekuler yang meracuni pikiran umat. Produk jihad media berupa dakwah online di internet, penerbitan buku, majalah, brosur (leaflet) dan alat propaganda dakwah lainnya..

11. SEMARAK DAKWAH RAMADHAN (SADAR)

Program infaq spesial untuk peningkatan dakwah bulan Ramadhan yang penuh perkah, antara lain:

  1. Bingkisan Ramadhan untuk anak yatim dan para dai
  2. Ifthar (buka puasa) dan sahur bersama yatim dan dhuafa.
  3. Kajian intensif tematis.
  4. Penerbitan buku dan brosur dakwah
  5. Tunjangan Hari Raya untuk anak yatim dan para dai.

12. TEBAR QURBAN DAN AQIQAH

Distribusi hewan penyembelihan Qurban dan Aqiqah untuk mendukung kemajuan dakwah yang dikonsentrasikan ke daerah binaan dakwah, daerah rawan pemurtadan dan daerah korban bencana, baik bencana alam maupun konflik.

Share this post..
  • Apa itu IDC ?

    Infaq Dakwah Center (IDC) adalah lembaga independen yang berkhidmat untuk memfasilitasi kaum muslimin dalam menyalurkan infaq dan shadaqah secara tepat, produktif dan multiguna kepada pihak-pihak yang membutuhkan (mustahiq), untuk menunjang dakwah dan pemberdayaan umat Islam.

    more info
  • Visi & Misi

    Mewujudkan kemaslahatan umat untuk mendorong kemajuan dakwah. Optimalisasi dana umat untuk mengatasi problematika dakwah dan keummatan. Soliditas ukhuwah Islamiyah untuk membantu yatim, dhuafa, dan kalangan tertimpa musibah. Sinergi jaringan pendukung dan pelaku dakwah.

    more info
  • Program IDC

    PROGRAM DAKWAH
    Pengiriman Dai Khusus ke daerah terasing, pembinaan muallaf, dakwah media cetak & online.
    PROGRAM SOSIAL DAN KEMANUSIAAN
    Pengobatan & khitanan massal, tanggap darurat bencana, tebar qurban, santunan fakir miskin, yatim dan dhuafa.
    PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
    Beasiswa yatim & dhuafa, pelatihan kewirausahaan bagi aktivis dakwah...

    more info
  • Produk IDC

    Infaq Dakwah Terpadu Beasiswa Yatim dan Dhuafa Infaq Darurat & Tanggap Bencana Solidaritas Keluarga Syuhada & Mujahidin Solidaritas Kemanusiaan Muslim Dunia Infaq Produktif Pemberdayaan Ekonomi Umat Tebar Qurban dan Aqiqah

    more info
  • Kiprah IDC

    Beasiswa yatim & dhuafa Qurban di daerah rawan pemurtadan & daerah binaan dakwah. Recovery dan dakwah umat Islam Ambon Maluku pasca pembantaian dan penyerbuan dari pihak Salibis Renovasi rumah dhuafa & aktivis Islam. Bantuan pengobatan para muallaf & kaum dhuafa. Bakti sosial, pengobatan massal & khitanan massal. Tanggap darurat bencana banjir.

    more info
  • Ayo Jadi Member IDC S3

    Fasilitas bagi kaum muslimin yang tidak punya kemampuan, keahlian dan waktu luang tapi ingin berdakwah, membina anak yatim, membantu kaum tertimpa musibah, membangun sarana ibadah dll. Siapapun bisa berdakwah, beramal dan berjuang menegakkan Syariat Islam, tanpa turun ke lapangan dan tanpa resiko.

    more info
Testimoni

Kontak IDC

  • Kantor: Jl. Veteran No. 48 Bekasi
    (Samping Masjid Agung Al-Barkah Bekasi)
  • SMS/WA/Line: 08122.700020
  • Mobile: 08567.700020, 08175.700020
  • Broadcast: 085210.700020 (no reply)
  • Sedekah Buku Club: 08999.704050
  • Email: idc.pusat@gmail.com, idc.pusat@yahoo.com
  • Facebook: IDC - Infaq Dakwah Center
  • Twitter: @IDCinfaqCenter
  • Instagram: @infaqdakwahcenter
  • PIN BBM: D637B92B
  • BBM Channel: C00354681

Spesial Donasi
Cinta Yatim Syuhada

Bank Muamalat No.rek: 34.7000.3006
a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center

Rekening IDC

Bank Muamalat
No.Rek. 34.7000.3005
a/n Yayasan Infaq Dakwah Center

Bank Syariah Mandiri (BSM)
No.Rek: 7050.888.422
a/n Yayasan Infaq Dakwah Center

BNI Syariah
No.Rek: 293.985.605
a/n Yayasan Infaq Dakwah Center

Bank Mandiri
No.Rek: 156.000.728.728.9
a/n Yayasan Infaq Dakwah Center

Bank BRI
No.Rek: 0139.0100.1736.302
a/n Yayasan Infaq Dakwah Center

Bank CIMB Niaga
No.Rek: 675.0100.407.006
a/n Yayasan Infaq Dakwah Center

Bank BCA
No.Rek: 631.0230.497
a/n Budi Haryanto (Bendahara IDC)