PRODUK IDC

1. GERAKAN S-3

Fasilitas bagi kaum muslimin yang ingin berdakwah, membina anak yatim, membantu kaum tertimpa musibah, peduli sesama muslim, membantu sarana ibadah dan mengentas kemiskinan umat tapi tidak memiliki kemampuan, keahlian dan waktu luang. Siapapun bisa berdakwah, beramal dan berjuang menegakkan Syariat Islam untuk mewujudkan kesejahteraan umat, tanpa turun ke lapangan dan tanpa resiko.

Semua bisa dilakukan hanya dengan infaq mendukung Program Kerja IDC yang akan disajikan dalam berbagai Produk IDC: Wakaf, Dakwah Terpadu, Jihad Media, Infaq Cerdas (Beasiswa Yatim & Dhuafa), Infaq Darurat, Tanggap Bencana, Infaq Jariyah, Infaq Produktif, Solidaritas Keluarga Mujahid/Aktivis Dakwah, Solidaritas Muslim Dunia, Gerakan Anti Riba & Rentenir, dan sebagainya.

Para muhsinin (donatur) bebas berinfak untuk IDC sesuai kemampuan, dengan memilih lima macam besaran infaq sebagai berikut:

  1. Sehari Seribu Saja
  2. Seminggu Sepuluh ribu Saja
  3. Sebulan Seratus ribu Saja
  4. Setahun Sejuta Saja
  5. Setiap Saat Sesuai kondisi.

Donasi bisa diserahkan langsung ke kantor IDC, ditransfer melalui rekening IDC atau dijemput oleh petugas.

2. INFAQ DAKWAH TERPADU

Optimalisasi infaq umat untuk mendorong kemajuan dakwah yang simultan kepada segala lapisan masyarakat, untuk memurnikan akidah, penegakan syariat Islam dan ghazwul fikri memerangi opini media kafir-sekuler yang meracuni pikiran umat:

  1. Dakwah Media (Jihad Media), yaitu dakwah membangun peradaban islami melalui media baik cetak maupun elektronik. Produk jihad media berupa dakwah online di internet, penerbitan buku, majalah, brosur (leaflet) dan alat propaganda dakwah lainnya.
  2. Pengiriman Dai Khusus ke daerah terasing, terpelosok, pedalaman dan rawan pemurtadan.
  3. Program Dai Mandiri di daerah pedalaman dan suku terasing melalui tunjangan hidup, bantuan permodalan usaha, dan pelatihan kewirausahaan (entrepreneur), agar para dai semakin optimal dalam dakwah.
  4. Dakwah dan kajian khusus untuk penanggulangan pemurtadan dan kristenisasi.
  5. Dakwah dan pembinaan masyarakat bawah di kawasan dhuafa.
  6. Pembinaan Muallaf secara terpadu.
  7. Bantuan sarana dan prasarana dakwah untuk optimalisasi syiar Islam.
  8. Pemberdayaan dai dan aktivis Islam dengan entrepreneurship (kewirausahaan), antara lain: pelatihan jurnalistik, IT, thibbun nabawi (pengobatan metode Nabi SAW), dan lain sebagainya.

3. INFAQ & ZAKAT CERDAS UNTUK BEASISWA YATIM DAN DHUAFA

Beasiswa yang diperuntukkan bagi anak yatim, dhuafa berprestasi dan anak para aktivis dakwah yang tidak mampu, untuk meraih cita-cita menjadi ulama, dai, mubaligh, intelektual dan ilmuwan yang mendedikasikan ilmu dan keahliannya untuk dakwah.

Target program beasiswa ini adalah memutus mata rantai kemiskinan dan mendorong umat menjadi kaum yang bertauhid, ikhlas berdakwah, berakhlak mulia, cerdas berpikir dan gemar berinfak.

Para penerima beasiswa diseleksi secara ketat dan dikontrol secara berkala agar prestasi studinya terus meningkat sesuai harapan para muhsinin (donatur).

Sasaran program ini antara lain: anak yatim, fakir miskin (dhuafa), anak para aktivis dakwah dan pejuang Islam yang tidak mampu, serta anak berprestasi dan bertalenta (berbakat).

Para donatur (muhsinin) bisa berpartisipasi dalam program Beasiswa Yatim dan Dhuafa ini dengan empat pilihan:

  1. Orang tua asuh Yatim, dengan menanggung biaya pendidikan minimal satu orang anak yatim di Pesantren atau Sekolah Islam. Biodata anak yatim bisa diminta kepada IDC.
  2. Beasiswa rutin kepada anak yatim Daftar dan dhuafa yang besarnya disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi para muhsinin.
  3. Bantuan temporer (tidak rutin) kepada anak yatim dan dhuafa, sesuai dengan kemampuan dan kondisi para muhsinin.

4. INFAQ DARURAT

Donasi solidaritas kemanusiaan yang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan darurat umat Islam yang membutuhkan solusi cepat, antara lain:

  1. Bantuan pengobatan bagi para aktivis Islam, anak yatim dan dhuafa yang sedang mengidap penyakit kronis, kelainan fisik dan sebagaimana dalam bentuk subsidi biaya pengobatan, jaminan pengobatan penuh dan mediasi pengobatan.
  2. Bantuan sosial bagi keluarga aktivis Islam yang sedang tertimpa musibah, mengalami ujian dipenjara rezim, dan sebagainya.
  3. Tanggap Darurat (Emergency Rescue). Aksi cepat untuk evakuasi, rehabilitasi dan rekonstruksi korban bencana alam (gempa bumi, tsunami, banjir, longsor, dll).
  4. Tanggap Bencana Kemanusiaan (Humanitarian Rescue). Penanganan korban bencana peperangan, konflik sosial, kelaparan, gizi buruk dan wabah penyakit. Penanganan masing-masing bencana tentunya berbeda, namun secara umum penanganannya bersifat tanggap darurat yang meliputi bantuan bahan makanan pokok, makanan padat gizi dan vitamin, obat-obatan dan sarana-prasarana kesehatan.

5. INFAQ JARIYAH & WAQAF

Program untuk menunjang amal ibadah yang paling mulia bagi kaum muslim, karena pahalanya bukan hanya dipetik ketika pewakaf masih hidup, tetapi pahalanya juga tetap mengalir terus, meskipun pewakaf telah meninggal dunia. Semakin banyak orang yang memanfaatkannya, semakin bertambah pula pahalanya. Cara cerdas agar amal kita terus bertambah meski kita sudah berkalang tanah.

Sasaran program ini adalah untuk mendukung dakwah berupa wakaf sumur, masjid, mushalla, mushaf Al-Qur'an, buku, dll yang didistribusikan ke daerah binaan dakwah, daerah rawan pemurtadan dan daerah korban bencana, baik bencana alam maupun konflik.

6. INFAQ PRODUKTIF

Program pemberdayaan umat yang bertujuan untuk “merubah mustahiq menjadi munfiq,” yaitu maksimalisasi infaq untuk meningkatkan kesejahteraan umat Islam dalam bentuk dana bergulir untuk permodalan usaha bagi kalangan dhuafa yang belum memiliki pekerjaan, atau pengembangan usaha bagi kalangan yang usahanya minim.

Infaq produktif ini akan menjadi modal bergulir yang disalurkan dalam bentuk pinjaman lunak tanpa bunga (qordhul hasan) untuk pemberdayaan ekonomi di bidang usaha kecil dan menengah (UKM).

Dengan program ini, infaq para donatur akan sangat produktif dan multiguna untuk memberdayakan umat agar berkemandirian dalam bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan dakwah.

Program ini dijalankan dengan selektif dengan sasaran utama kaum ekonomi lemah dari kalangan aktivis Islam, anak yatim dan bunda yatim (para janda) yang amanah dan memiliki semangat wirausaha.

7. SOLIDARITAS KELUARGA MUJAHID DAKWAH

Program bantuan kepada keluarga mujahid aktivis dakwah. Program ini didedikasikan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan ta’zhim kepada para mujahid dakwah yang telah mendedikasikan hidupnya untuk syiar dan dakwah meninggikan kalimat Allah (li i’lai kalimatillah).

Para Mujahid Dakwah (dai, muballigh dan aktivis Islam) itu dengan sepenuh jiwa menembus dakwah ke berbagai elemen masyarakat, bahkan hingga dakwah di penjara, pedalaman, pelosok dan kalangan marjinal.

8. CINTA YATIM

Program spesial ini didedikasikan untuk membantu anak-anak yang ditinggal wafat oleh orang tuanya di usia yang sedang butuh pendampingan sang ayah. Kesejahteraan, masa depan dan pendidikan anak-anak yatim adalah tanggungjawab kaum muslimin.

Dengan menyantuni anak-anak yatim, para dermawan akan meraih fadilah (keutamaan) yang sangat besar, yakni mendapat jaminan masuk surga bersama Rasulullah SAW sedekat dua jari.

Rasulullah SAW bersabda: “Aku dan pemelihara anak yatim kelak di surga kedudukannya seperti dua jari ini” (HR Bukhari). Rasulullah SAW bersabda demikian sambil menunjukkan jari telunjuk dan jari tengahnya dengan merapatkan keduanya.

Adalah sangat berdosa bagi kaum muslimin yang mampu, apabila berdiam diri atas kesulitan anak-anak Yatim. Sebesar apapun simpati dan donasi kepada anak yatim, akan dapat memberikan semangat hidup bagi mereka, bahwa kita saudara-saudaranya masih mempunyai kepedulian terhadap mereka.

Penyaluran dana kepada keluarga yatim disampaikan sesuai kebutuhan dalam bentuk:

  1. Bantuan mukafaah (living cost) setiap bulan.
  2. Bantuan pendidikan (beasiswa) sampai tamat.
  3. Bantuan pelatihan/kursus keterampilan sesuai minat dan bakat.
  4. Bantuan kesehatan dan keperluan darurat.
  5. Bantuan permodalan usaha bagi yang memiliki keterampilan (skill).

9. SOLIDARITAS KEMANUSIAAN UNTUK MUSLIM INTERNASIONAL

Donasi solidaritas kemanusiaan di dunia internasional (Palestina, Rohingya, Suriah, dsb) untuk memenuhi kebutuhan darurat umat Islam yang membutuhkan solusi cepat akibat bencana alam (gempa bumi, tsunami, banjir, longsor, dll) dan bencana kemanusiaan (humanitarian rescue).

10. JIHAD MEDIA

Infaq untuk jihad/dakwah di media baik cetak maupun elektronik untuk memurnikan akidah, penegakan syariat Islam dan ghazwul fikri memerangi opini media kafir-sekuler yang meracuni pikiran umat. Produk jihad media berupa dakwah online di internet, penerbitan buku, majalah, brosur (leaflet) dan alat propaganda dakwah lainnya..

11. SEMARAK DAKWAH RAMADHAN (SADAR)

Program infaq spesial untuk peningkatan dakwah bulan Ramadhan yang penuh berkah, antara lain:

  1. Bingkisan Ramadhan untuk anak yatim dan para dai
  2. Ifthar (buka puasa) dan sahur bersama yatim dan dhuafa.
  3. Kajian intensif tematis.
  4. Penerbitan buku dan brosur dakwah
  5. Tunjangan Hari Raya untuk anak yatim dan para dai.

12. TEBAR QURBAN DAN AQIQAH

Distribusi hewan penyembelihan Qurban dan Aqiqah untuk mendukung kemajuan dakwah yang dikonsentrasikan ke daerah binaan dakwah, daerah rawan pemurtadan dan daerah korban bencana, baik bencana alam maupun konflik.

13. SEDEKAH JUM'AT

14. SEDEKAH BARANG