IDC Bersama PDUI Kota Bekasi Tunaikan Ratusan Wakaf Qur’an, Donasi Pakaian dan Perlengkapan Ibadah di Kampung Muallaf Baduy

BANTEN, Infaq Dakwah Center (IDC) – Al-Qur’an adalah petunjuk kepada jalan yang lurus. Ia adalah pedoman bagi manusia dalam menjalani kehidupannya. Oleh karenanya, menyebarkan dan mengajarkan Al-Qur’an merupakan suatu hal yang mesti dilakukan bagi orang-orang yang beriman.

Sebagai wujud komitmen akan hal itu, pada Sabtu, (17/09/2022) IDC bersama Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Kota Bekasi menggelar kegiatan safari wakaf dan bakti sosial dengan menyalurkan amanah wakaf Al Qur’an ke wilayah Kampung Muallaf Baduy muslim di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Sebanyak 200 buah Al-Quran Jumbo berukuran A4.

Selain menyalurkan wakaf Al-Qur’an, IDC dan PDUI Kota Bekasi juga menyerahkan ratusan donasi pakaian muslim dan perlengkapan ibadah yang telah diamanahkan oleh para donatur dan dihimpun secara kolektif melalui program sedekah barang. Diantara pakaian dan perlengkapan ibadah yang disalurkan antara lain Kemeja, kaos, baju koko, celana panjang, sarung, peci, gamis, jilbab, mukena dan sajadah.

Kegiatan yang digelar di Masjid Sultan Agung Tirtayasa ini dihadiri oleh warga mullaf baduy dan para da’i yang selama ini telah membina para muallaf baduy dalam mempelajari ajaran islam khususnya warga yang tinggal di wilayah Desa Sangkanwangi. Acara diawali dengan sambutan-sambutan kemudian dilanjut dengan penyuluhan kesehatan, tausiyah agama dan ditutup dengan do’a.

Ustadz Muhammad Kasja selaku ketua koordinator muallaf baduy pada sambutannya menyampaikan permohonan maaf kepada para donatur dikarenakan pada kegiatan ini tidak semua warga muallaf baduy dapat hadir lantaran sebagian warga masih sibuk dengan aktivitas kesehariannya di kebun. Ia juga mewakili DKM Masjid Sultan Agus Tirtayasa dan seluruh warga muallaf baduy mengucapkan syukur dan ribuan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan, semoga wakaf qur’an menjadi amal shalih yang pahalanya mengalir. Begitu juga dengan sumbangan pakaian dan perlengkapan ibadah sangat bermanfaat sekali bagi warga muallaf baduy.

"Sebelumnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dikarenakan pada acara ini tidak semua warga hadir karena sebagian masih sibuk dengan keseharian yakni berkebun dan tidak bisa dipaksakan dan harap dimaklumi. Kami juga mewakili Pengurus Masjid Sultan Agung Tirtayasa mengucapkan ribuan terimakasih kepada donatur yang telah mewakafkan Al-Qur'an dan memberikan banyak sekali pakaian, mukena, sajadah dan lain-lain. Semoga jadi amal shalih, pahala mengalir dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kami semua di sini khususnya para muallaf." Kata Ustadz Muhammad Kasja.

Sementara itu, dr Rudolf Nur Hidayat selaku humas PDUI Kota Bekasi dalam sambutannya memberikan penyuluhan kesehatan kepada para muallaf baduy hadir dengan memberikan pengetahuan dasar seputar penyakit, gejala, pencegahan dan cara pengobatan mandiri sebelum dibawa ke rumah sakit. Namun ia tetap menghimbau apabila sakit berlanjut dalam waktu lebih dari tiga hari agar segera dibawa ke dokter atau klinik terdekat.

Usai penyuluhan kesehatan acara dilanjut dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Badrul Tamam, pembina Yayasan Infaq Dakwah Center. Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan dua hal yang dapat membuat seorang muslim bahagia dan beruntung, yakni selalu bersyukur dan selalu merasa banyak dosa dengan memperbanyak beristighfar.

"Ada seorang ulama mengatakan, Seorang hamba itu selalu berada diantara nikmat dari Allah yang setiap saat dia butuh bersyukur, dan banyak diantara dosa kepada Allah yang setiap saat ia butuh untuk beristighfar. Maka kalau seorang selalu punya semangat syukur yang kemudian diiringi merasakan punya salah dan dosa kepada Allah SWT lalu meminta ampun maka ia akan menjadi orang yang beruntun." Terang Ustadz Badrul Tamam dalam tausiyahnya.

Sebelumnya IDC bersama PDUI Kota Bekasi telah menggalang donasi wakaf Al-Qur'an, donasi pakaian dan perlengkapan ibadah. Alhamdulillah pada kegiatan Safari Wakaf dan Bakti Sosial kali ini telah disalurkan sebanyak 200 eksemplar Al-Qur'an Jumbo berukuran A4 dan telah diserahterimakan secara simbolis kepada DKM Masjid Sultan Agung Tirtayasa. Insya Allah Al-Qur'an tersebut akan dibagikan kepada warga muallaf baduy dan akan dimanfaatkan untuk jamaah masjid belajar mengaji dewasa dan anak-anak. Selain itu ratusan donasi pakaian dan perlengkapan ibadah juga telah diserahkan kepada pengurus DKM untuk dibagikan kepada seluruh warga muallaf baduy di Desa Sangkanwangi.

Berdasarkan informasi warga, setiap tahun selalu saja ada warga Baduy yang hijrah memeluk Islam. Alasannya pun bermacam-macam. Ada yang resah dengan kepercayaan yang dia anut selama ini. Ada yang ingin merasakan indahnya sholat berjamaah. Juga ada yang memang karena kekeluargaan. Namun yang pasti semua itu adalah hidayah dari Allah SWT. Mereka kini dibina oleh para da’i untuk belajar sholat, mengaji, dan mempelajari ajaran Islam lainnya.

Melalui program safari wakaf Al-Qur’an dan Bakti Sosial ini, semoga cahaya hidayah semakin terang disana. Islam pun mudah-mudahan makin menyeruak masuk ke dalam sanubari warga Baduy. Kepada para muwakif dan muhsinin semoga Allah terima amal ibadahnya, menjadi tabungan akhiran yang pahalanya senantiasa mengalir. Semoga apa yang telah disumbangkan berupa pakaian dan perlengkapan ibadah bermanfaat bagi saudara muslim di kampung muallaf baduy dan Allah ganti infaqnya dengan rizki yang berkah dan lebih baik. Aamiin ya Rabbal 'aalamiin.