Berkah Ramadhan..!! Mari Bersedekah Santunan Yatim Bersama Komunitas Preman Tobat Palmerah

 

Menyambut bulan suci Ramadhan, IDC akan menggelar santunan yatim bersama Komunitas Preman Tobat Palmerah Jakarta. Target santunan 100 yatim ini membutuhkan dana sebesar 13 juta rupiah. Ayo Bantu.!!!

 

JAKARTA (Infaq Dakwah Center) – Menyambut berkah Ramadhan, IDC akan menggelar acara “Tarhib Ramadhan dan Santunan Yatim” di kawasan PAK KUMIS (padat, kumuh dan miskin) Palmerah, Jakarta Barat.

Acara yang digelar untuk menumbuhkan spirit Cinta Yatim bersama Nabi itu akan digelar besok Sabtu (20/5/2017) di lokasi bekas penggusuran Gubernur Ahok, tepatnya di pinggir inspeksi kali Grogol yang berdekatan dengan tempat pembuangan sampah (pelbag), sekitar RW 03, Palmerah Jakarta Barat.

Berdasarkan survey Relawan IDC, kondisi warga di sini memang hidup di kawasan padat penduduk, kumuh dan miskin. Sehingga memang perlu mendapatkan perhatian dari kaum Muslimin, apalagi anak-anak yatim di lokasi tersebut cukup banyak. 

Untuk menggelar acara santunan anak-anak yatim tersebut, diperlukan dana sebesar Rp 13.575.000 (tiga belas juta lima ratus tujuh puluh lima ribu rupiah) untuk santunan tunai, konsumsi, peralatan sekolah, dan sebagainya.

 

SINERGI DAKWAH BERSAMA PREMAN TOBAT

Subhanallah!! Datangnya bulan suci Ramadhan memang membawa berkah dan hidayah yang luar biasa. Di kawasan Palmerah para pentolan preman yang selama ini hidup bergelimang maksiat di lembah hitam ibukota.

Ketika berhadapan dengan anak-anak yatim, manusia-manusia beringas yang selama ini ditakuti sebagai pembuat onar dan sampah masyarakat, ternyata hatinya luluh.

Bang Ferry dan Bang Dewo, dua orang preman yang paling senior dan disegani para preman lainnya, mendapat hidayah Allah Ta’ala justru saat bercanda ketika sedang mabok minuman keras.

“Daripada buat mabok mending buat yatim duit lo Wo,” ujar salah seorang preman kepada Deso sambil mabok.

Tak disangka, celetukan itu betul-betul menghujam di kepalanya dan menjadi perenungan mendalam karena terus-menerus terngiang-ngiang di telinganya.

Ia pun mencoba untuk membuktikan ucapan tersebut dengan menggalang dana dari kocek para preman dan patungan warga sekitar.

Rupanya, amal shalih menyantuni anak yatim itu mendapat sambutan positif dari warga sekitar. Untuk menutupi keterbatasan dana santunan yatim, para preman tobat tersebut menyampaikan proposal kepada IDC.

Bang Ferry dan Bang Dewo selaku koordinator acara santunan anak yatim tersebut sangat berterima kasih kepada IDC yang mau merespon proposal bantuan yang mereka sampaikan.

“Kita semua yang begajulan ini mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada IDC yang mau membantu untuk acara santunan yatim ini. Dan mudah-mudahan IDC mau membantu membimbing kita juga,” ujar Dewo mewakili teman-temannya, kepada Relawan IDC, Senin (15/5/2017).

 

MASUK SURGA BERSAMA NABI SEDEKAT DUA JARI

Semoga sedekah santunan yatim piatu yang dilakukan, menjadi wasilah bagi para preman tersebut untuk benar-benar bertaubat, meninggalkan maksiat. Dan kepada para donatur (muhsinin) yang turut membantu santunan yatim, semoga menjadi wasilah masuk surga bersama Nabi SAW sedekat dua jari:

أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Aku dan orang yang mengurus (menanggung) anak yatim (kedudukannya) di dalam surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan (kedua jarinya yaitu) telunjuk dan jari tengah serta agak merenggangkan keduanya” (HR Bukhari).

Mudah-mudahan para donatur santunan Yatim ini mendapat karunia kesehatan dan dijauhkan dari musibah (bala’), supaya bisa maksimal dalam beribadah. Karena sedekah bisa mengobati penyakit, baik penyakit fisik maupun penyakit rohani:

دَاوُوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ

“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah” (HR Abu Dawud, Thabarani dan Baihaqi).

rahimahullah berkata:

إن للصدقة تأثيرا عجيبا في دفع أنواع البلاء، ولو كانت من فاجر أو من ظالم، بل من كافر، فإن الله تعالى يدفع بها عنه أنواعا من البلاء، وهذا أمر معلوم عند الناس خاصتهم وعامتهم، وأهل الأرض كلهم مقرون به؛ لأنهم جرَّبوه

“Sedekah memiliki pengaruh yang ajaib dalam mencegah berbagai bala’, walaupun sedekah dari seorang fajir (ahli maksiat) atau dzalim bahkan dari orang kafir. Karena Allah mencegah dengan sedekah berbagai bala’. Hal ini telah diketahui oleh manusia baik yang awam ataupun tidak. Penduduk bumi mengakui hal ini karena mereja telah membuktikannya” (Ibnul Qayyim, Al-Waabilus Shayyib, hlm. 49).

 

Infaq untuk santunan dan pendidikan bagi anak-anak yatim, bisa disalurkan melalui rekening IDC:

  1. Bank Muamalat, No.Rek: 34.7000.3005 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  2. Bank BNI Syariah, No.Rek: 293.985.605 a.n: Infaq Dakwah Center.
  3. Bank Mandiri Syari’ah (BSM), No.Rek: 7050.888.422 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  4. Bank Bukopin Syariah, No.Rek: 880.218.4108 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  5. Bank BTN Syariah, No.Rek: 712.307.1539 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  6. Bank Mega Syariah, No.Rek: 1000.154.176 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  7. Bank Mandiri, No.Rek: 156.000.728.7289 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  8. Bank BRI, No.Rek: 0139.0100.1736.302 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  9. Bank CIMB Niaga, No.Rek: 80011.6699.300 a.n Yayasan Infak Dakwah Center.
  10. Bank BCA, No.Rek: 631.0230.497 a.n Budi Haryanto (Bendahara IDC).

CATATAN:

  • Demi kedisiplinan amanah agar tidak bercampur dengan dana lainnya, silahkan tambahkan nominal Rp 2.000 (dua ribu rupiah). Misalnya: Rp 1.002.000,- Rp 502.000,- Rp 202.000,- Rp 102.000,- 52.000,- dan seterusnya.
  • Bila dana santunan yatim sudah tercukupi/selesai, maka donasi dialihkan dalam program Infaq Cerdas (Beasiswa Yatim & Dhuafa).
  • Info: 0812.2700020.