Padukan Dakwah dan Medis, IDC akan Mendirikan Klinik UMMAT Gratis untuk Dhuafa, Ayo Bantu!!

 

SOLO, Infaq Dakwah Center (IDC) – Dalam rangka meningkatkan dakwah dan kesejahteraan umat Islam, IDC mensinergikan gerakan dakwah Islamiyah, misi kemanusiaan dan medis. Ayo bantu program KLINIK UMMAT yang multifungsi untuk dakwah dan kesehatan umat di berbagai daerah.

Di berbagai daerah, terutama di pedesaan, dakwah yang dilakukan bersamaan dengan misi kemanusiaan dan medis terbukti sangat efektif. Dakwah semakin mudah diterima masyarakat bila dipadukan dengan aksi konkret yang dirasakan langsung oleh masyarakat, misalnya: bakti sosial, pengobatan massal, dan lain sebagainya.

Saat ini misi dakwah dan medis sedang digalakkan kaki Gunung Lawu, bekerjasama dengan  Emergency and Crisis Response (ECR). Agenda rutinnya tiap hari Ahad melakukan bakti sosial dan pengobatan massal di berbagai kampung yang dipusatkan di masjid setempat.

Agenda terdekat saat berita ini ditulis adalah Tebar Dakwah dan Bakti Sosial di Masjid Darul Anshar di komplek Ma’had Salman Al-Farisi, yang berada di Desa Bakalan, Harjosari, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah. Acara yang berlangsung pada hari Ahad (19/10/2014) ini akan diisi dengan taushiyah islami, pengobatan massal, pemeriksaan ibu hamil, bekam dan ruqyah. Semua agenda ini murni sosial dan dakwah, tanpa dipungut biaya.

...Dakwah semakin mudah diterima masyarakat bila dipadukan dengan aksi konkret yang dirasakan langsung oleh masyarakat, misalnya: bakti sosial dan pengobatan gratis...

KLINIK UMMAT UNTUK DAKWAH DAN KESEHATAN DHUAFA

Alhamdulillah, tebar dakwah yang dilakukan pada momen bakti sosial dan pengobatan massal sangat ampuh untuk mendakwahkan tauhid, memberantas kemusyrikan, memakmurkan masjid, menyemarakkan shalat berjamaah di masjid, mencerahkan umat dari bahaya rentenir, dan sebagainya.

Adanya siraman rohani dan ruqyah kepada masyarakat sebelum dilakukan terapi bekam terbukti sangat ampuh untuk memberantas kemusyrikan warga yang umumnya masih Kejewen, meyakini klenik, jimat-jimat dan perdukunan. Tak sedikit warga yang bertaubat setelah diruqyah bertaubat dari ilmu hitam dan menjadi ahli tauhid yang rajin shalat berjamaah.

Untuk operasional misi dakwah dan medis, saat ini sudah didukung para relawan dan dua mobil ambulans. Namun masih terkendali belum adanya klinik yang sangat diperlukan untuk menampung umat yang ingin berobat sewaktu-waktu.

Berangkat dari latar belakang tersebut, IDC mencanangkan program KLINIK UMMAT yang multifungsi:

  1. Sebagai sarana dakwah.
  2. Klinik medis dan persalinan untuk warga dhuafa.
  3. Pusat pengobatan islami (Thibbun Nabawi) dan ruqyah syar’iyah.

Keunggulan program KLINIK UMMAT ini adalah:

  1. Pengobatan ditangani oleh dokter dan ahli kesehatan berpengalaman.
  2. Pemeriksaan ibu hamil ditangani oleh bidan berpengalaman.
  3. Bekam dan Ruqyah ditangani oleh ahli thibbun nabawi yang berpengalaman, terdiri dari terapis ikhwan dan akhwat.

Saat ini ada dua KLINIK UMMAT yang sedang diupayakan, yaitu di Tawangmangu dan Sukoharjo. Satu klinik diperlukan dana sekitar 10 juta rupiah untuk pengadaan keperluan klinik antara lain: hijab (untuk memisahkan ruang pria dan wanita), stetoskop, alat ukur tensi, cek glukosa, cek darah, senter kecil, timbangan badan, alat pengukur tinggi badan, kasur pasien, kasur portable dorong untuk ambulance, meja kursi dokter, meja kursi customer service, kursi antrean pasien, obat-obatan, poster kesehatan, atk, patung anatomi, biaya renovasi ruang klinik, dan lain sebagainya.

Donasi KLINIK UMMAT

Mari berbagi kasih dengan berinfak untuk klinik cuma-cuma bagi dhuafa. Dengan berinfaq untuk KLINIK UMMAT, insya Allah para muhsinin (donatur) akan berkelimpahan pahala dan keberkahan. Dari setiap kebaikan dan manfaat yang dirasakan kaum dhuafa atas klinik tersebut, para donatur akan panen pahala. Pundi-pundi pahala akan terus mengalir seiring dengan banyaknya warga dhuafa yang tertolong oleh klinik tersebut.

Bagi kaum Muslimin yang terpanggil untuk membantu pendirian KLINIK UMMAT bisa mengirimkan donasi melalui program Infaq Darurat:

  1. Bank Muamalat, No.Rek: 34 7000 3005 a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  2. Bank BNI Syari’ah, No.Rek: 293 985 605  a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  3. Bank Syariah Mandiri (BSM), No.Rek: 7050 888 422  a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  4. Bank Mandiri, No.Rek: 156 000 728 728 9   a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  5. Bank BRI, No.Rek: 0139 0100 1736 302  a/n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  6. Bank BCA, no.rek: 6310 230 497 a/n Budi Haryanto (Bendahara IDC)

CATATAN:

  • Demi kedisiplinan amanah dan untuk memudahkan penyaluran agar tidak bercampur dengan program lainnya, tambahkan nominal Rp 3.000 (tiga ribu rupiah). Misalnya: Rp 1.003.000,- Rp 503.000,- Rp 203.000,- Rp 103.000,- 53.000,- dan seterusnya.
  • Info: 08567.700020 – 08999.704050; PIN BB: 2AF8061E.