SEMARAK RAMADHAN: IDC Tebar Zakat Fitri Untuk Keluarga Yatim, Dhuafa Dan Mualaf

SOLO, Infaq Dakwah Center (IDC) - Alhamdulillah, IDC telah menunaikan amanah donatur dalam program Tebar Zakat Fitrah untuk keluarga yatim, dhuafa dan mualaf di Solo raya. Sebanyak 675 kilogram zakat dalam bentuk beras sebagai makanan pokok telah disalurkan oleh Relawan IDC mulai bada magrib hingga pukul 23:00 malam pada Ahad (1/5/2022).

Tak lupa, warga Wisma IDC menerima penyaluran Zakat Fitrah tersebut. Hanya saja ada sebagian warga Wisma yang sudah mudik sejak hari Sabtu (30/4/2022) untuk bertemu dengan keluarga dan sanak famili di kampung halamannya di luar Solo.

Salah satu keluarga dhuafa, Ibu Widyastuti warga Tipes, yang menjadi tulang punggung keluarga karena sang suami sakit stroke tak mampu berdiri sangat bersyukur mendapatkan beras zakat yang diberikan Relawan IDC malam takbir 1 Syawal 1443 H tersebut. Ia terharu dan mengaku kebutuhan pokok selama Ramadhan sangat kekurangan meski dirumahnya ada dagangan makanan kecil.

"Alhamdulillah mas, terima kasih banyak kepada donatur IDC. Semoga berkah dan diberi kelonggaran rezeki. Saya bersyukur mendapatkan beras ini karena kondisi saya harus mencari nafkah sendiri, suami saat ini Ndak bisa kerja badan sakit dan sesak napas. Saya sebenarnya juga sakit merasakan badan capek mohon doanya semoga saya kuat. Sekali lagi terima kasih semoga Allah yang balas," ucapnya sambil mengusap air mata.

Lain halnya Ummi Firda warga Bekonang, keluarga yatim dengan anak semata wayang memilih tinggal di rumah ibunya karena memang belum memiliki rumah. Relawan IDC mengantarkan beras zakat tersebut ke rumahnya dengan senang karena sering berpapasan rombongan umat Islam yang menggelorakan takbiran di jalanan kota Solo.

Sementara itu, Relawan IDC menyalurkan beras zakat kepada mualaf salah satunya keluarga Rahman warga Kwarasan. Sang muadzin ini tinggal di rumah reot dan kumuh karena kondisi ekonomi sempit. Pekerjaan sebagai kuli pabrik plastik hanya cukup untuk makan keluarganya saja. Saat menerima beras zakat fitrah, ia sangat gembira dan berucap syukur kepada Allah.

"Alhamdulillah, pak terima kasih banyak ya Allah. Mohon maaf rumahnya berantakan kayak gini. Sekali lagi terima kasih semoga donatur IDC tambah rezeki, diterima amal puasanya oleh Allah," ucap Rahman.

Jazakumullah khairan katsiro kepada para donatur IDC semoga zakat kita menyucikan harta kita dan menjadi wasilah diterima amal puasa selama satu bulan Ramadhan ini, amiin.

فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ، وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ، فَمَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ، وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ 

"Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata, Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang yang berpuasa dari perkataan sia-sia dan perkataan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat (Idul Fitri), berarti ini merupakan zakat yang diterima, dan barang siapa yang menunaikannya setelah shalat (idul fitri) berati hal itu merupakan sedekah biasa”. (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Daru Quthni)